Desember 11, 2016

Pengertian Root



Pengertian Root
Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan.

Fungsi Root Android
Fungsi Rooting Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kekurangan :
1. Dapat Menghilangkan Garansi Smartphone (Faktanya hh masih bisa digaransikan)
2. Masalah keamanan
Contoh Kasus : org jahil dapat mengobrak abrik system root android bila HH
tidak dijaga.
3. Riskan error
Contoh Kasus : anda salah menginstal apk yg tidak support hh anda
menyebabkan hh bootloop

Keuntungan :
1. Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root
Contohnya : App2SD, DroidWall, Titanium Backup dll
2. Dapat menginstall custom ROM
3. Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja handphone
Contohnya : Overclock, Tweaking, Modding Script, Audio Tuner dll
4. Dapat menghemat batre
Contohnya : Melakukan Undervolt, Menginstal script battery saver

Jadi Semua Pilihan ada pada pengguna, namun sangat disayangkan bila handphone secerdas android tidak leluasa kita oprek-oprek system nya sesuai keinginan kita.

Add Comments

Semua bisa berkomentar di blog ini termasuk anonim, jadi gunakan kolom komentar di bawah dengan bijak, segala bentuk komentar yang bersifat merugikan akan di hapus oleh admin. Link error ataupun link rusak bisa menghibungi melalui Contact Us atau langsung berkomentar .

Blogger yang baik selalu menyempatkan berkomentar.


EmoticonEmoticon